Wednesday, February 24, 2016

Cara Install File .deb di Ubuntu dan Kawanannya



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat malam, kali ini saya akan share tutorial installasi file .deb di ubuntu dan kawanannya.
Btw, ini postingan tutorial pertama saya :)

langsung aja ke TKP :


 1. Pertama, yang pasti kalian semua harus punya file yang berekstensi .deb yang akan diinstall. Sebagai contoh disini saya menggunakan file geany 64 bit sesuai dengan sistem operasi yang saya install.

2. Sebelum menginstall, jangan lupa buat update dulu biar ga ada masalah waktu nginstall. Caranya, buka terminal (Ctrl + Alt +T), kemudian ketikkan:
    sudo apt-get update



Masukkan password root kalian.

Setelah melakukan update, saatnya kita menginstall file .deb #Horee.... :v

3. Simpan file .deb yang akan kalian install di direktori yang mudah di akses, klo disini saya simpan di direktori desktop.

4. Kemudian, buka lagi terminal (Ctrl + Alt + T), dan ketikkan perintah :
    cd Desktop/

    NB : Desktop = Nama direktori tempat disimpannya file .deb
 Akan menjadi tampak seperti di atas.

5. Kemudian masukkan perintah untuk menginstall
    sudo dpkg -i nama_file.deb

nama_file.deb diganti berdasarkan nama file .deb yang akan kalian install, karna nama file yang akan saya install bernama geany_1.23.1_amd64.deb, jadi perintah yang saya tulis 'sudo dpkg -i geany_1.23.1_amd64.deb'

tekan enter dan masukkan password root.

 
Selesai.
Sambil nunggu proses installasi ngopi-ngopi dlu bro... :v

Segitu dulu tutorial Cara Install File .deb di Ubuntu dan Kawanannya klo ada pertanyaan komen di kolom komentar. Terima Kasih.

Selamat Mencoba.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.




No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan